Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Powered By Blogger

Friday, March 29, 2013

Berbicara Dalam Etika Islam

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki ilmu, memiliki pengalaman, dan juga keberanian untuk mengambil sebuah keputusan. Tetapi disamping seorang pemimpin harus memiliki ilmu, pengalaman, dan keberanian, pemimpin juga harus memiliki etika karena seorang pemimpin merupakan panutan dan contoh bagi orang lain. berikut ini merupakan pendapat saya mengenai etika-etika berbicara dalam islam yang harus dimiliki oleh pemimpin :

1. Berbicaralah kepada orang lain dengan ungkapan yang jelas, dapat dipahami oleh semua orang dan tidak dibuat-buat atau dipaksakan.

Sebagai seorang pemimpin, seperti pemimpin perang. instruksi yang ia berikan haruslah dapat dipahami oleh para prajuritnya supaya tidak terjadi kesalah-pahaman yang dapat mengakibatkan kekalahan dalam peperangan.

2. Menghindari perdebatan dan mengadu domba.

Seorang pemimpin yang arif haruslah dapat melerai, menengahi persoalan yang terjadi serta menghindari perdebatan yang dapat mengakibatkan perkelahian diantara sesama.

3. Tenang dalam berbicara dan tidak tergesa-gesa.

Seorang pemimpin sudah sepatutnya selalu tenang dalam menyikapi persoalan yang sedang terjadi, serta tidak tergesa-gesa dalam berbicara dan mengambil keputusan yang tepat.

4. Menghindari sikap mengejek, dan memandang rendah orang lain

Meskipun seorang pemimpin memiliki kekuasaan, ia tidak boleh mengejek dan menganggap rendah orang lain, karena sosok pemimpin yang baik adalah pemimpin yang menghormati orang lain meskipun orang tersebut bukanlah orang terdekat dari sang pemimpin.

No comments:

Post a Comment