Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Powered By Blogger

Thursday, March 28, 2013

Cara Menumbuhkan Jiwa Seorang Pemimpin




Sudah banyak pemimpin hebat yang memimpin di dunia. Misalnya di Indonesia, ada Presiden Ir. Soekarno, Susilo Bambang Yudhoyono, Joko Widodo, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah anda, bahwa menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah dan tidak instan. Mungkin saya akan mencoba memberikan cara menumbuhkan jiwa seorang pemimpin yang ada dalam diri kita sendiri:

1. Niat
Hal ini sangat diperlukan untuk langkah awal menjadi pemimpin karena niat itu merupakan dasar untuk melakukan suatu tindakan. Tumbuhkan dahulu niat anda yang kuat.

2. Motivasi
Motivasi juga perlu untuk membangun jiwa pemimpin, misalnya dengan cara sering menonton TV tentang acara motivasi dengan tema kepemimpinan, atau cara termudah adalah memasang poster/kata-kata motivasi di tempat yang sering anda lihat misalnya di pintu kamar atau bisa juga di meja belajar.

3. Perbanyak ilmu
Bertanya kepada teman, saudara, guru, atau orang tua yang pernah menjadi pemimpin. Tanyakan kepada mereka, apa saja pengalaman memimpin sebuah organisasi, bagaimana cara memimpin yang baik dan benar, dll. Atau dengan mencari artikel di internet tentang kepemimpinan dan bisa juga mengikuti  seminar tentang kepemimpinan.

4. Berlatih secara terus menerus
Dan cara/langkah terakhir adalah menerapkannya setelah 3 cara diatas sudah dilakukan. Melakukan latihan misalnya mulai dari ikut menjadi anggota sebuah organisasi kemudian berlanjut menjadi posisi tertinggi di suatu organisasi yaitu ketua. Ada pepatah mengatakan, “semua itu butuh proses.” Contoh mudahnya seperti ini, kita memasak mie instan membutuhkan proses mulai dari membuka mie, memasukkan bumbunya di piring, direbus, kemudian baru bisa diaduk dengan bumbu dan dimakan.

No comments:

Post a Comment