Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Powered By Blogger

Wednesday, March 27, 2013

Figur Pemimpin Ideal



Figur seorang pemimpin yang banyak diharapkan/diinginkan oleh masyarakat menurut saya ada 5 macam:

1. Agama
Memiliki dasar agama yang kuat dengan iman taqwa dan pedoman ajaran agama untuk menjalani segala aktifitasnya sehingga masyarakat percaya bahwa dengan hal tersebut dapat memimpin suatu bangsa dengan amanah.

2. Ilmu
Memiliki banyak ilmu pengetahuan umum, agama, bahkan leadership dapat memengaruhi bagaimana cara seorang pemimpin melaksanakan tugasnya dan mencapai tujuannya sesuai dengan target.

3. Penampilan
Seorang pemimpin yang penampilannya sederhana lebih disukai oleh masyarakat karena perilaku yang dia tunjukkan menjadi contoh kepada siapa saja yang melihatnya dibandingkan dengan penampilan seorang pemimpin yang serba mewah mulai dari pakaian sampai mobil yang digunakan untuk kerja.

4. Cara Bersosialisasi
Ketika ada suatu bencana alam atau kegiatan acara besar, koordinasi antara pemimpin dengan anggotanya atau dengan masyarakat sangat perlu sehingga penggunaan bahasa serta penyampaian maksud dan tujuan yang dilakukan secara baik dan benar dapat memperlancar komunikasi. Berbeda dengan pemimpin yang pasif dalam bersosialisasi, dapat menimbulkan salah penyampaian informasi kepada masyarakat.

5. Pengalaman
Pemimpin yang mempunyai banyak pengalaman dalam memimpin suatu organisasi atau suatu wilayah, kualitasnya sudah teruji karena tidak hanya ilmu teori yang dapat mengantarkan seseorang menjadi pemimpin tetapi penerapannya /praktik di lapangan perlu dilakukan. Ada pepatah klasik mengatakan, “pengalaman adalah guru terbaik”.

No comments:

Post a Comment