Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Powered By Blogger

Saturday, March 23, 2013

Pemimpin Sebagai Orang yang Ada di Belakang Layar



Ketika sebuah organisasi mengadakan acara besar, ketua panitia mengatur koordinasi dari semua seksi kepanitiaan serta memberitahukan apa saja yang harus dipersiapkan dari setiap seksi kepanitiaan. Kemudian mengadakan rapat dengan guru maupun panitia acara untuk mempersiapkan semua keperluan acara serta meyakinkan kepada guru-guru bahwa acara yang diadakan dapat berjalan dengan sukses, karena tanpa adanya izin persetujuan sekolah maka acara tersebut tidak dapat dilaksanakan.

Contohnya, acara Rohis SMAN 67 yaitu Tafakur Alam yang diadakan rutin setiap tahun dan bertempat di luar lingkungan sekolah. Hal-hal seperti makan dan tempat tidur peserta harus diperhatikan dengan rinci karena hal itu merupakan salah satu kunci sukses acara tersebut. Selain itu, kekompakan panitia serta koordinasi yang baik antara guru dengan panitia menjadi hal yang wajib dilakukan.

Dari contoh diatas, orang yang ada di belakang layar memiliki arti/maksud ketika acara berlangsung ketua panitia tugasnya tidak terlau signifikan tetapi ketika sebelum dan sesudah acara, dia melakukan koordinasi semua keperluan panitia serta peserta acara dari mulai mengadakan rapat, mengecek anggaran acara, sampai keperluan apa saja yang harus dibawa.

Dan terakhir, pada saat acara tersebut sukses, orang yang pertama kali senang dan puas adalah seorang ketua panitia. Ibarat kata, kepuasan yang tidak bisa dibayar oleh apapun. Hal tersebut juga dapat memengaruhi nama baik dia di mata guru serta teman sekolah dan menjadi poin plus tersendiri.

No comments:

Post a Comment