Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Powered By Blogger

Saturday, March 23, 2013

Taat Kepada Pemimpin



Dalam Hadits Riwayat Bukhari disebutkan bahwa:

“Tunduk dan taatlah kalian, sekalipun yang memimpin kalian adalah hamba sahaya Habsyah yang kepalanya mirip dengan zabib(anggur kering).” (Riwayat Bukhari)

Hadits ini menganjurkan agar kita taat dan patuh kepada orang yang memerintah kita dengan memakai ungkapan mubalaghah. Dengan kata lain, sekalipun orang yang memerintah kita adalah orang yang hina. Makna hadits ini mengandung pengertian balaghah karena para ulama telah sepakat bahwa pemerintahan termasuk urusan yang sangat penting, maka hal ini(pemerintahan)tidak boleh dipegang oleh hamba sahaya dan wanita.Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(nya), dan ulil amri di antara kamu.”(QS An-Nisa:59)

Ayat di atas menyuruh umat Islam untuk selalu taat kepada pemimpin. Dan pada hadits di atas juga disebutkan bahwa ketaatan kita kepada pemimpin sangat dianjurkan oleh Rasulullah walaupun yang menjadi pemimpin adalah seorang hamba sahaya Habsyah yang kepalanya mirip dengan zabib atau anggur kering. Walau sejelek dan seburuk apa pun rupa sang pemimpin maka harus kita taati dan kita harus tunduk kepadanya selama apa yang diperintahkan sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya.

No comments:

Post a Comment