Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Selamat Datang di Blog jendelailmu67

Powered By Blogger

Saturday, March 23, 2013

Peran Pemimpin dalam Organisasi Sekolah



Pemimpin adalah seseorang yang berada di barisan paling depan dalam sebuah organisasi. Selain itu, pemimpin juga berperan sebagai pengatur semua kegiatan yang ada di dalamnya. Jika dilihat dari kasat mata, tugas seorang pemimpin itu mudah dan terkesan simpel, padahal kenyataannya dia harus mempertanggung jawabkan acara/event yang diadakan dalam organisasi tersebut, menasihati anggotanya yang terlihat ada masalah, menjaga nama baik serta perilakunya di mata guru-guru maupun teman sekolah karena dia menjadi panutan bagi teman sekolah terutama anggota-anggotanya, dan tidak kalah penting ilmu yang dimiliki seorang pemimpin ada baiknya pengetahuan umum dan islam lebih banyak dari anggota-anggotanya maka secara tidak langsung, anggotanya menjadi lebih menghormati serta menghargai apa yang dia katakan atau perintahkan.

Di dalam al-Quran surat al-Mujadalah ayat 11 Allah ta’ala berfirman (yang terjemahan tafsirnya):  “... Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat”.

Di dalam hadits juga disebutkan keutamaan seseorang yang berilmu: “Keutamaan orang berilmu dibanding orang yang ahli ibadah adalah bagaikan keutamaan rembulan mengalahkan bintang-bintang” (HR. Abu Dawud).

Seorang pemimpin juga harus mempunyai mental/rohani yang kuat karena dia harus mengadapi berbagai kritik dari pihak yang kurang senang atau tidak puas dengan kinerja organisasi yang dia pimpin. Dalam hal ini, kebiasaan untuk melaksanakan shalat sunnah atau puasa senin-kamis dapat membentuk pribadi yang lebih sabar serta tenang dalam menghadapi berbagai ujian maupun cobaan.

No comments:

Post a Comment